Jam Buka: Senin - Sabtu (08.30 s.d. 18.00) & Minggu (08.30 s.d. 17.00) Info Order: 0818932369 (WA)

Tips Merawat Mesin Cuci

Saat mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci, banyak sekali kebiasaan buruk yang dapat berakibat fatal jika terus dilakukan dan tidak dihentikan. Kebiasaan ini, bukan hanya dapat membuang-buang waktu dan juga tenaga Anda, tetapi juga dapat merugikan Anda dari segi finansial karena kemungkinan mesin cuci Anda rusak sangatlah besar. Oleh karena itu, berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk merawat agar mesin cuci Anda tetap awet:

  1. Jangan Memasukkan Terlalu Banyak Baju
    Terkadang, karena sedang terburu-buru untuk menyelesaikan aktivitas mencuci dan melanjutkan aktivitas lainnya, kerap kali Anda memaksa untuk memasukkan terlalu banyak baju ke dalam mesin cuci. Padahal, hal ini dapat berakibat fatal bagi mesin cuci Anda. Selain, kotoran yang ada pada pakaian kemungkinan besar akan terjebak dan menyebabkan baju Anda menjadi tidak tercuci dengan bersih, Anda juga bisa boros air dan juga menyebabkan mesin cuci menjadi cepat rusak. Agar Anda tetap dapat mencuci dengan cepat, ketika Anda membeli mesin cuci, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kapasitas mesin cuci yang akan Anda beli. Jika memang cucian Anda menumpuk setiap hari, maka ada baiknya Anda memilih mesin cuci yang memiliki kapasitas atau daya tampung yang besar, seperti mesin cuci Sharp berikut ini.
  2. Jangan Menggunakan Detergen Terlalu Banyak
    Ada satu kesalahpemahaman yang banyak beredar di tengah masyarakat bahwa semakin melimpah busa dari air sabun saat mencuci maka cucian pun akan menjadi lebih bersih. Padahal kenyataannya tidak selalu seperti itu. Walau kelihatannya detergen bisa membuat pakaian menjadi bersih, tetapi terlalu banyak menggunakan detergen juga berakibat buruk untuk mesin cuci Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pemakaian detergen yang benar yang tertera di dalam kemasan karena Anda harus mengukur penggunaan detergen dengan tepat. Bila memang diperlukan, gunakan takaran agar ukuran lebih tepat. Karena, penggunaan detergen yang terlalu banyak, selain akan merusak kain & pakaian, juga dapat menurunkan kemampuan mesin cuci Anda dalam membersihkan pakaian. Oleh karena itu, tips merawat mesin cuci yang satu ini penting untuk Anda aplikasikan dengan baik.
  3. Bersihkan Filter
    Tips merawat mesin cuci selanjutnya adalah membersihkan filter. Agar mesin cuci Anda lebih awet dan hasil cucian Anda tetap bersih, maka Anda harus rajin membersihkan filter yang ada di dalam tabung mesin cuci Anda setidaknya sebanyak 2 hari sekali. Dengan melakukan hal ini, Anda membantu agar tabung Anda tetp bersih sekaligus menjaga agar pakaian yang Anda cuci terhindar dari kotoran yang tertampung dalam filter.
  4. Jangan Meninggalkan Baju Terlalu Lama di Mesin Cuci
    Kerap kali Anda melakukan aktivitas lain ketika Anda sedang mencuci, sehingga Anda meninggalkan begitu saja pakaian yang Anda cuci di dalam mesin cuci. Sebaiknya hal seperti ini perlu dihindari karena jika Anda meninggalkan pakaian di dalam mesin cuci begitu saja, baik itu dalam keadaan basah ataupun kering dalam waktu yang cukup lama, maka bau tidak sedap akan mulai keluar dari pakaian Anda. Jika sudah begitu, maka mau tidak mau Anda harus mencuci ulang pakaian Anda agar bau tersebut hilang. Selain buang-buang waktu dan tenaga, Anda juga akan membuang air dan juga detergen secara percuma. Jadi, ketika sedang mencuci, perhatikan baik-baik pembagian waktunya.
  5. Jangan Menggunakan Setting yang Sama untuk Semua Jenis Pakaian
    Tahukah Anda bahwa setiap pakaian memiliki setting pencucian yang berbeda-beda? Setiap jenis pakaian yang Anda cuci memerlukan jenis pengaturan yang berbeda-beda. Memang, lebih mudah jika Anda menggunakan setting regular atau automatic pada mesin cuci Anda untuk mencuci kebanyakan baju, tetapi mesin cuci terbaik yang sudah didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan jenis pakaian Anda. Misalnya, pengaturan air panas, bilas cepat, temperature yang tinggi, dan pengaturan lainnya. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda menyesuaikan pengaturan pencucian dengan jenis pakaian yang akan Anda cuci sehingga baju bisa dicuci dengan optimal dna mesin cuci Anda akan lebih tahan lama.

Sumber: https://id.sharp/news/tips-merawat-mesin-cuci

Silakan Beri Tanggapan Terbaik untuk Artikel Ini

Leave a reply

Toko Elektronik Online
Logo
Enable registration in settings - general