Jam Buka: Senin - Sabtu (08.30 s.d. 18.00) & Minggu (08.30 s.d. 17.00) Info Order: 0818932369 (WA)

5 Tips Sederhana Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Merawat mesin cuci dari berbagai jenis maupun merk tentunya bukanlah hal yang cukup sulit bagi Anda. Keperluan mesin cuci saat ini terbilang kebutuhan primer karena memudahkan Anda untuk membersihkan pakaian dengan mudah dan cepat. Tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional dengan mengucek, menggilas, dan membersihkan pakaian Anda. Apalagi, hampir semua teknologi mesin cuci sudah dilengkapi dengan sistem pengering otomatis.

Banyak jenis, tipe, dan merk mesin cuci. Misalnya saja, mesin cuci 2 tabung, mesin cuci front loading, maupun mesin cuci top loading. Masing-masing tipe memiliki keunggulan yang berbeda dan multifungsi. Tentunya, perawatan dari setiap jenis mesin cuci tidaklah berbeda. So, jangan lewatkan artikel yang sangat penting untuk Anda mengenai 5 cara sederhana merawat mesin cuci yang akan admin ulas ya. Dijamin mesin cuci Anda akan lebih awet dan tahan lama.

#1 Pastikan Mesin Cuci Berada di Lantai

Hal ini memang seperti biasa dan pastinya setelah membeli mesin cuci kita langsung meletakkannya di lantai. Namun demikian, Anda harus pastikan bahwa lantai rata dan tidak bergelombang. Hal ini bertujuan agar mesin cuci ketika dihidupkan tidak bergetar maupun berbunyi.

Letakkan mesin cuci Anda di lantai yang datar dan aliran air bekas pencucian pun di atur agar tidak mengenai kabel maupun elemen-elemen listrik di dalam mesin cuci. Hal ini pun dapat membantu Anda mencegah terjadinya kerusakan dini dari mesin cuci karena bagian vital yang tidak terjaga dengan baik.

#2 Jangan Tumpuk Pakaian

Sering kali, Anda mungkin ingin cepat-cepat menyelesaikan cucian Anda dengan sekali cuci dan menumpuk pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Namun sayangnya, hal ini malah membuat mesin cuci Anda jadi cepat rusak dan tidak awet. Pastikan juga bahwa pakaian yang dicuci tidak melebihi batas kapasitas.

Sebaiknya, Anda atur kapasitas pakaian yang akan dicuci. Oleh sebab itu, atur jadwal untuk tugas mencuci Anda agar pakaian Anda tidak menumpuk dan membuat mesin cuci rusak. Apalagi kotoran-kotoran dari pakaian Anda akan menyumbat saluran pembuangan air dari mesin cuci.

#3 Gunakan Deterjen Secukupnya

Mencuci pakaian dengan mesin cuci tidak semestinya menggunakan deterjen yang kelewat batas. Bukannya bersih dan wangi malah membuat mesin cuci Anda jadi tidak awet.

Gunakan takaran deterjen yang pas ketika mencuci pakaian. Penggunaan deterjen yang melebihi batas saat mencuci menyebabkan busa yang keluar akan menghambat aliran air mesin cuci.

#4 Cabut Colokan Setelah Mencuci

Cara sederhana ini memang kerap dilupakan oleh sebagian kita, padahal paling vital. Jangan lupa untuk mencabut colokan mesin cuci Anda setelah tugas mencuci selesai. Khawatir, sisa kotoran air yang dibuang akan mengenai kabel listrik mesin cuci dan terjadi korslet kecil.

Hal tersebut membuat tegangan pada mesin cuci Anda dan akan membuat mesin cuci jadi tidak tahan lama bahkan diperlukan perbaikan ekstra untuk mesin cuci yang Anda gunakan.

#5 Bersihkan Tabung dan Filter Mesin Cuci

Jika ada waktu luang atau kosong, bersihkan tabung dan filter mesin cuci agar semakin tahan lama. Caranya cukup mudah. Setelah selesai mencuci, cukup isi mesin cuci dengan air secukupnya lalu atur dengan mode cleaning. 

Setelah membersihkan tabung mesin cuci, kemudian lanjutkan dengan membersihkan filter mesin cuci. Filter mesin cuci adalah tempat bersarangnya semua kotoran dari pakaian yang dicuci. Maka membersihkan filter mesin cuci sama pentingnya dengan membersihkan tabungnya.

Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa bersihkan tabung dan filter mesin cuci setiap dua minggu sekali. Kotoran seperti lumut, kerak, dan noda mengendap lainnya akan hilang dengan cara ini.

Nah, bagaimana? Sangat mudah kan merawat mesin cuci Anda? Intinya adalah kemauan untuk melakukannya. 5 tips atau cara di atas gampang sekali Anda kerjakan untuk merawat mesin cuci agar awet atau tahan lama. Pastinya, masih banyak cara yang bisa Anda tambahkan.

Silakan Beri Tanggapan Terbaik untuk Artikel Ini

Leave a reply

Toko Elektronik Online
Logo
Enable registration in settings - general